Hujan Deras Yang Mengguyur Jogja Membuat Selokan Mataram Jebol

KSJY. Sleman. Hujan deras yang terjadi senin (6/12) membuat Selokan Mataram yang terdapat di dusun Tobongsari, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta Jebol. Hal tersebut diakibatkan terlalu besarnya debit air yang mengaliri Selokan Mataram ketika diguyur hujan deras, ditambah lagi dengan kondisi Selokan Mataran yang melintasi sungai Tobong sudah ada indikasi keretakan sebelumnya. Puluhan warga sekitar yang melintasi jalan Ring Road Utara berhenti sejenak untuk menyaksikan jebolnya Selokan Mataram. Hujan deras yang menguyur Jogja selama 3 jam lebih tersebut membuat air yang mengalir melalui sungai-sungai kecil meluap sehingga sebagian besar luapan air tersebut mengalir ke slokan mataram. Jika aliran air Selokan Mataram semakin membesar dikhawatirkan akan membahayakan warga yang tinggal di bantaran Sungai Tobong yang berada persis di bawah Selokan Mataram. Saat ini semua aliran yang mengalir dari Selokan Mataram mengalir turun menuju ke Sungai Tobong.

“Jebolnya Selokan Mataram terjadi sekitar pukul 15.00 wib tadi ketika hujan deras mengguyur Jogja, tetapi sebelumnya sungai Tobong memang sudah mengalami kenaikan debit airnya sebelum Selokan Mataram jebol”, ungkap Bandi, salah seorang warga yang tinggal di bantaran sungai Tobong.

Selokan mataram sendiri sudah sejak 1 bulan yang lalu telah dihentikan aliranya dikarenakan bagian hulu Selokan Mataram sedang dilakukan pengerukan akibat adanya endapan Lumpur yang menghambat aliran air Slokan Mataram.(ags)

One thought on “Hujan Deras Yang Mengguyur Jogja Membuat Selokan Mataram Jebol

TULIS KOMENTAR ANDA DISINI ....